Senin, 14 November 2016

Cara root LG Nexus 5 Android Lollipop

  Tidak ada komentar

Banyak orang suka dan memakai Nexus 5. Dan sistem operasi pun terus berkembang versi terakhir dari android harus menyesuaikan dengan perangkat keras dari handphonenya. Nexus 5 yang notabene memiliki perangkat keras yang yahud seharusnya bisa menggunakan sistem operasi terbaru yang dikeluarkan Google yaitu Nuget. Tetapi, saat ini Nexus hanya bisa meng-upgrade sistem operasinya sampai Marshmallow saja. Oleh karena itu banyak sekali custom ROM Nexus 5 yang menyediakan versi android terbaru yaitu Nuget. Dan kali ini Santekno akan memberikan tutorial tentang cara root Nexus 5 untuk Android 5.1 Lollipop.

Tutorial ini digunakan untuk melakukan root Nexus 5 dengan spesifikasi harus unlocked bootloader dengan stock Android 5.1 Lollipop (build number LMY47D). Sebelum dimulai bisa baca terlebih dahulu Tutorial Cara Unlock Bootloader pada Nexus 5. Jika sudah melakukan unlock, ikuti tahapan-tahapan berikut ini.

  1. Pastikan Nexus 5 kamu sudah mengaktifkan USB Debugging pada menu Developer Options. Jika kamu belum melakukan itu, coba lakukan Setting > About Phone dan tekan Build Number sampai ada informasi Developer Options aktif pada popup.
  2. Instal USB Driver untuk handphone Nexus 5 kamu di PC atau laptop.
  3. Usahakan baterai pada Nexus 5 kamu terisi paling sedikit 50 persen.
  4. Buka ADB Tools pada folder di PC atau Laptop kamu. Jika kamu tidak punya maka unduh ADB Tools disini, lalu ekstrak foldernya, dan pilih adb-tools_driver> adb-tools_driver > adb-driver dan jalankan file 'UniversalAdvDriverSetup'.
  5. Instalasi sudah selesai maka lakukan Fastboot pada ADB Tools folder. Jika belum ada, unduh Fasboot untuk windows pada link ini.
  6. Unduh SuperSU v2.46 pada komputer kamu
  7. Kopi SuperSu file zip ke dalam awal folder pada Nexus 5. Kamu bisa melakukan itu asalkan Nexus 5 sudah terhubungkan pada komputer kamu dengan kabel USB dan kopi file tersebut di dalam awal folder. (Optional : Matikan USB Debugging jika komputer kamu tidak mendeteksi Nexus 5 kamu yang terhubung)
  8. Unduh ClockworkMod custom recovery pada komputer kamu dan simpan pada direktori ADB Tools.
  9. Setelah itu restart Nexus 5 menggunakan Fastboot. Lakukan itu lalu, tekan tombol Poer dan Volume Down sampai kamu melihat Fastboot menu. Kondisikan kalau handphone selalu terhubung ke komputer kamu dengan kabel USB.
  10. Buka Windows Explorer dan cari folder ADB Tools.
  11. Pada windows yang kosong, tekan shift dan klik kanan pada mouse, lalu buka Command Window
  12. Lalu ketikan perintah seperti ini : fastboot flash recovery recovery-clockwork-touch-6.0.4.5-hammerhead.img
  13. Gunakan tombol volume untuk melakukan pilihan Recovery Mode pada Nexus 5 dan untuk melakukan persetujuan tekan Power untuk enter.
  14. dalam CWM, gunakan tombol volume untuk pilih 'install zip' dan tekan Power untuk konfirmasi, lalu pilih 'choose zip from SD card'
  15. Lokasi SuperSU zip yang tadi dicopy ke dalam folder awal pada Nexus 5 (biasanya tersimpan di /sdcard/0/) dan tekan Power untuk menyetujui, setelah itu tunggu sampai kamu melihat notifikasi dibawah layar bahwa instalasi selesai 'Install from SD card complete'.
  16. Kembali ke main menu dan lakukan reboot pada Nexus 5. Lakukan seperti itu untuk merecovery fix root.
  17. Untuk booting pertama memang agak lama (ini sebabnya baterai harus terisi terlebih dahulu). Jangan mengutuskan Nexus 5 kamu dengan komputer, diamkan saja sampai booting selesai.
  18. Setelah Nexus 5 kamu melakukan reboot maka cara melakukan pengecekan kamu harus menginstall RootChecker di Play Store untuk memastikan saja apakah sudah ter-root atau belum.
  19. Jika terjadi bootloop, lakukan reboot into Fastboot, lalu masuk Recovery dan pilih wipe data, wipe the cache partition dan reboot kembali. Semoga saja yang dilakukan ini berhasil.
Berikut adalah tutorial cara root LG Nexus 5 Android 5.1 Lollipop. Semoga bermanfaat ya teman-teman Santekno.

Sumber : androidpit.com


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Peraturan Saat Berkomentar :
1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Tidak melakukan spamming
3. Tidak menyisipkan link aktif atau pun hidup

Direkomendasikan untuk memakai NAMA/URL untuk memudahkan blogwalking :D
Komentar yang tidak sesuai akan dihapus ^_^